Tempat Pernikahan, Di Rumah atau Di Gedung Pernikahan?

1 comment
Acara pernikahan dilakukan dimana ya??? Pertanyaan ini sering muncul bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Pilihan biasanya tergantung dana yang ada. Bila dana tidak menjadi kendala, maka gedung yang prestisius tentu akan menjadi pilihan utama. Bila dana terbatas??? Pilihan biasanya jatuh di rumah. Melangsungkan pesta pernikahan di rumah dianggap dapat menghemat biaya bagi sebagian orang. Walaupun kenyataanya tidak demikian.
Pesta pernikahan intinya adalah memberitahukan kepada orang-orang yang kita cintai, saudara, kerabat, handai taulan dan masyarakat sekitar kita bahwa kita telah melangsungkan pernikahan dan pada hari itu kita menjadi pasangan yang sangat berbahagia. Jadi raja dan ratu sehari.
Penentuan tempat pernikahan sebaiknya disesuaikan dengan kondisi yang ada. Pernikahan bisa dilakukan dengan hemat apabila dana terbatas. Pertama tentukan jumlah undangan, jumlah undangan akan mempengaruhi jumlah pengeluaran kita. Karena akan berhubungan langsung dengan jumlah konsumsi yang harus disediakan. Jumlah undangan juga akan menentukan apakah rumah kita memadai untuk menampung sekian banyak orang. Kalau tidak, artinya kita harus segera mencari gedung pernikahan yang sesuai dengan jumlah undangan yang telah kita tentukan.
Faktor kedua adalah masalah parkir. Tempat parkir sering menjadi masalah bagi para undangan, jangan biarkan undangan kita harus berjalan jauh setelah turun dari kendaraan. Terutama bila kita melangsungkan pesta pernikahan siang hari. Apalagi bagi kerabat yang membawa anak-anak, tempat parkir yang cukup jauh akan membuat mereka tidak nyaman. Keamanan tempat parkir juga harus menjadi pertimbangan kita. Bila dilakukan di rumah, segera koordinasikan masalah keamanan ini dengan petugas keamana setempat.
Penggunan tenda. Bagaimana penggunaan tenda??? Apakah hanya menggunakan halaman rumah? Atau akan menggunakan sebagian badan jalan di depan rumah? Sebaiknya hal ini juga diperhitungkan dengan matang karena akan mempengaruhi lalu lintas di sekitar kita.
Untuk pernikahan di gedung pernikahan. Sebaiknya tetat disesuaikan dengan jumlah undangan, jangan memilih gedung pernikahan yang terlalu besar sementara jumlah undangan hanya sedikit. Yang akan terjadi adalah pesta pernikahan kita akan terlihat sepi dan hal ini sebaiknya dihindari. Lokasi gedung pernikahan juga penting, apakah mudah dicapai, baik dengan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum. Sebaiknya pilih gedung pernikahan yang strategis, mudah dicapai baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum.
Kembali ke pemilihan tempat pernikahan, di rumah atau di gedung pernikahan sebaiknya disesuaikan dengan perencanaan yang kita lakukan, baik dana, undangan dan lain sebagainya. Selamat memilih tempat pernikahan....

1 comments:

Wahh...nanti bila saya nikah, juga pengen nikah di gedung juga deh(bila mampu)

back to top